News Update :

Teknik Terapi Dzikir

Alaa bi dzikrillahi tathma'inul quluub
Dengan mengingat Allah hati menjadi tenang...

Terapi.Dzikrullah.Org - Kadang hidup ini mengharuskan kita bertemu dengan masalah, musibah, kehilangan, atau kenyataan yang tidak sesuai harapan dan hal itu membuat bersedih.
Jikalau engkau bersedih, bersedihlah tetapi jangan membuatmu lara. Kesedihan yang berlarut sangatlah merusak. Bersedihlah, sembuhkan diri dan segera bangkit!

Berikut kami share beberapa teknik terapi dzikir, yang Insya Allah teknik ini sangat ampuh dan aman dan telah mempraktekkannya untuk korban-korban Tsunami Aceh 2004.

Kunci keberhasilan terapi ini adalah:
1. Pasrah & Ikhlas kepada Sang Pencipta yaitu ALLAH.
2. Miliki KEYAKINAN bahwa tidak ada satupun ciptaan ALLAH di dunia ini yang bisa mengalahkan ALLAH yang menciptakannya.
3. Miliki KEYAKINAN bahwa manusia adalah ciptaan ALLAH yang paling MULIA.

Berikut proses tahapan model terapi Dzikir ini:
1. Pilih posisi yang nyaman untuk Anda: duduk di kursi, bersila. kalo sedang sakit posisi tiduran atau bagi Anda yang Muslim baik sekali kalau Anda memilih posisi seperti Anda Sholat.
2. Tenangkan diri Anda sampai nyaman.
3. Lalu mulailah Anda menyebut kata atau kalimat dalam hati dengan tenang secara perlahan (saya sebut saja aktifitas ini dengan kata Model Dzikir karena belum menemukan kata lain yang pas), yang sesuai iman keyakinan Anda, misalnya jika Anda Muslim silahkan Anda ber-Dzikir. Jika Anda beragama lain silahkan berdoa sesuai agama Anda.
4. Setelah beberapa waktu, sambil tetap ber-Model Dzikir mulailah Anda melakukan teknik nafas berikut:
a. Tarik nafas perlahan.
b. Buang nafas melalui mulut sebanyak-banyaknya sampai posisi Anda membungkuk tunduk jika Anda memilih posisi duduk atau posisi bersujud jika Anda memilih posisi seperti Sholat, usahakan dahi Anda menyentuh tanah (baca: lantai). Terus buang nafas Anda sampai perut dan paru-paru sangat kempis. Dalam posisi sujud dengan kepala tetap menyentuh tanah, boleh juga menahan nafas beberapa saat.
c. Terus lakukan a dan b sampai Anda merasa sangat nyaman dan lega.

Catatan:
1. Jika ada muncul rasa apapun, gambaran masa lalu atau suara masa lalu yang tidak nyaman, Pasrah saja, terima saja atau lepaskan saja dengan Ikhlas. Jika ingin menangis, menangislah, biarlah semua perasaan Anda keluar dan biarkan beban Anda terlepas. Bebaskan diri Anda dari segala beban yang mungkin tersimpan di dalam diri. Kuncinya pasrah, pasrah dan pasrah. Ikhlas, ikhlas dan ikhlas. Semoga Anda terbebas dari belenggu-belenggu dan jebakan-jebakan kehidupan ini.
2. Sebagai tahap awal, baik juga Anda minta temani atau bimbingan senior spiritual Anda dalam melakukan model terapi Dzikir ini. Pelajari dulu teknik ini dan sesuaikan dengan diri Anda.
3. Anda boleh terus lakukan terapi ini kapanpun Anda merasa perlu sampai Anda merasa diri Anda damai, sejuk dan indah.
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Terapi Dzikir dan Doa 2010 -2011 | Design by Bekam Center | Published by Bekam Tangerang | Powered by Blogger.com.